Pengasilan Youtube Merosot Tajam??? Jangan Kuatir....

Di awal Januari 2018 ini banyak youtuber yang mengeluh (termasuk admin), karena penghasilan ataupun taksiran penghasilan youtube merosot tajam. Ada apa gerangan, padahal jumlah viewer stabil dan waktu menonton juga stabil atau malah meningkat, tapi kok taksiran penghasilan menurun drastis?
Penyebab penghasilan Youtube Merosot

Penyebab Penghasilan Youtube Menurun Drastis

Setelah mencari informasi di berbagai forum dan juga blog-blog luar, saya menemukan sedikit pencerahan, bahwa memang hampir semua youtuber di dunia mengalami hal yang sama, yaitu penghasilan di youtube menurun drastis.

Salah satu penyebab merosotnya penghasilan di youtube khususnya di awal tahun 2018 ini adalah karena semua advertiser (pemasang iklan) yang bersumber dari Amerika itu sudah jor-joran dana iklan untuk disebar di seluruh dunia di setiap akhir tahun. Maka wajar jika di bulan-bulan setiap akhir tahun pendapatan youtube anda juga meningkat.

Channel saya sendiri meningkat begitu drastis di akhir-akhir tahun 2017 (November hingga Desember), dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Namun ketika memasuki akhir bulan Desember hingga sekarang, taksiran pendapatan berdasar statistik youtube untuk bulan selanjutnya menurun tajam.

Mungkin jika anda masih pemula, akan merasa sedih, gelisah, ketika melihat kejadian ini. Tapi bagi youtuber yang sudah level atas sudah tidak kaget dengan merosotnya penghasilan youtube secara tajam di awal-awal tahun baru.

Cara Mengatasi Penghasilan Youtube Yang Merosot Tajam


Jadi jangan kuatir dengan kejadian ini. Yang terpenting adalah anda tetap bermain secara aman sesuai peraturan Youtube seperti konten original yang menarik bagi pengunjung.

Kejadian ini kemungkinan hanya sementara saja di awal-awal tahun, dan akan kembali normal ketika masuk bulan Maret dan seterusnya.

Namun, jika di saat tertentu belum juga berubah (misalnya di bulan Maret dan seterusnya), atau bahkan semakin merosot penghasilannya, hal ini perlu dicermati. Apakah ada video yang melanggar TOS, ataukah video anda itu sifatnya mengikuti hal yang sedang trend, dan ketika masa trend itu habis, maka viewer berkurang yang jelas berdampak pada kurangnya penghasilan anda.

Adapun cara yang paling ampuh untuk mengatasi penghasilan youtube yang menurun adalah tetap konsisten update video-video dengan konten original, unik dan berkualitas sesuai dengan tema channel anda. Jangan sekali-kali reupload video milik orang lain dan jangan sekali-kali mengupload video yang jelas melanggar hak cipta.

Share video di channel anda ke sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menambah jumlah viewer anda. Dengan meningkatnya jumlah viewer, ada kemungkinan penghasilan youtube anda akan kembali normal atau bahkan meningkat.

Itulah beberapa hal yang bisa saya infokan kepada anda, khususnya mengenai penghasilan Youtube yang merosot tajam dan cara mengatasinya di setiap awal tahun baru. Semoga bermanfaat...


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter