Inilah Penyebab Blog Saya Hilang Di Google Search (Deindex)

Penyebab blog saya hilang di google search (deindex). Beberapa waktu lalu saya sudah sampaikan informasi kepada anda bahwa ada salah satu blog saya yang hilang di google search dan tentunya mesin pencari lain seperti Yahoo, Bing dan sebagainya tanpa saya ketahui apa penyebabnya karena tidak ada pemberitahuan apapun dari google.

Setelah saya informasi, ternyata pemberitahuan dari google itu akan dikirim via email atau Google Seach Console sehari setelah blog saya deindex dan hilang dari mesin pencari untuk semua isi blog, baik posting atau halaman statis.

Ternyata benar, sehari setelah blog saya menghilang dari indeks Google Search, saya mendapatkan pemberitahuan via email tentang penyebab blog saya deindex.

Dalam email tersebut disebutkan penyebabnya yakni bahwa blog saya telah melanggar pedoman webmaster (webmaster guidelines) yang berupa pengalihan tersembunyi seluler (yang dikenal dengan istilah sneaky redirect) baik yang dilakukan dengan sengaja atau pihak ketiga seperti pada screnshoot di bawah ini :

Google memberitahu penyebab blog hilang (deindex) di google search
Sebenarnya saya bingung apa maksud pengalihan tersembunyi seluler dari pihak ketiga seperti yang diungkapkan oleh google tersebut. Lha wong cara membuat pengalihan seluler tersembunyi atau sneaky redirect saja tidak tahu.

Menurut product forum google yang kebetulan ada yang bertanya seputar kasus seperti yang blog saya alami, sneaky redirect itu bisa berasal dari script iklan ataupun dari script-script aneh lain yang dipasang di blog. Nah script-script (mengandung malware) itulah yang menyebabkan blog redirect ke url yang tidak dikehendaki oleh pengunjung.

Dari informasi tersebut, tak pikir panjang, saya langsung mencabut semua script iklan dari pihak ketiga. Ya, hanya script-script iklan yang ada di blog saya tersebut. Sedangkan script yang lain seperti yang ada di widget post terbaru atau related post (artikel terkait) saya anggap tidak ada yang aneh.

Setelah saya hapus semua script iklan (dua iklan popunder popcash dan adfly, yang satu satu iklan dari propeller jenis pushnative), karena saya yakin penyebab blog saya hilang di mesin pencari adalah ada diantara ketiga script iklan itu.

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan banding/review atau peninjauan ulang kepada google dengan cara klik menu manual action (webspam manual) di menu GSC (google search console). Kemudian google akan mengirimkan kembali permintaan peninjauan ulang itu via email isinya adalah permohonan tersebut seperti gambar di bawah ini :

Cara memohon pertimbangan dan peninjauan ulang blog deindex
Setelah langkah banding atau permintaan peninjauan ulang (review) sudah dilakukan, saya tinggal menunggu email balasan dari google. Menurut informasi yang saya baca, lamanya waktu balasan email permintaan peninjauan ulang tersebut membutuhkan waktu 3-5 hari.

Itulah penyebab blog saya deindex sehingga hilang dari google dan mesin pencari lain. Semoga saja permintaan peninjauan ulang (Review) yang sudah saya kirim via google search console itu diterima dan disetujui (approved), sehingga blog saya bisa muncul lagi di mesin pencari terutama google.

Itulah pengalaman saya ketika mengatasi blog deindex dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Jadi, bagi anda yang saat ini mengalami hal yang sama seperti saya, jangan panik dulu. Saran saya adalah tidak perlu update posting/artikel, atau ganti template. Anda cukup menunggu datangnya email pemberitahuan dari google untuk mengetahui penyebab blog hilang dari google dan mesin pencari lain.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter